Thursday, 10 September 2015

Benda sepanjang 10 cm nyangkut dihidung Penyu


Dalam video yang di unggaha di youtube, tim ilmuwan menghabiskan waktu hampir sepuluh menit untuk mengeluarkan benda yang diperkiran berupa sedotan plastik yang nyangkut dilubang hidung kura-kura belimbing yang ditemukan dilaut zaitun.

Pada awalnya, "itu tampak seperti cacing," kata Christine Figgener, seorang ahli penyu di Texas A & M University di College Station relawan yang membantu reptil seperti kura-kura yang terdampar untuk kembali ke habitatnya di lepas pantai Kosta Rika.

Pada saat itu Figgener dan rekannya sedang mengumpulkan data tentang perkembang biakan penyu dan secara tidak sengaja mereka melihat sesuatu, yaitu berupa benda yang nyangkut di hidung penyu dengan berat kira-kira 77 pon (35 kilogram) berjenis kelamin laki-laki.

Setelah anggota tim melihat lebih dekat mereka mencoba menarik sebuah benda yang tersangkut ke dalam hidung penyu dengan menggunakan tang dan memotong benda tersebut, mereka mendapati sebuah benda berwara kecoklatan  berupa sedotan plastik.

Yakin itu bukan parasit yang mungkin telah melekat dibagian otak dan keluar melalui hidung penyu, para peneliti memutuskan untuk mengeluarkan seluruh benda dengan panjang sekitar empat inci (sepuluh sentimeter).

Figgener dan rekannya merasa akan lebih baik seandainya benda yang nyangkut dihidung penyu itu bisa dilepaskan sesegera mungkin, walaupun mereka tidak menjamin bisa mengeluarkan benda itu secepatnya dan membuat penyu itu bisa pulih seperti sedia kala.

Berikut Video penyelematan penyu tersebut :


http://news.nationalgeographic.com/2015/08/150817-sea-turtles-olive-ridley-marine-debris-ocean-animals-science/

Share this

0 Comment to "Benda sepanjang 10 cm nyangkut dihidung Penyu"