Saturday, 23 January 2016

Tauhkah anda lagu Indoneisa apa yag paling populer di youtube?, tak disangka ini juaranya

Cita Citata

Dangdut adalah salah satu jenis musik yang sangat populer di Indonesia, walaupun lekat dengan kesan musik pingggiran, kampungan dan musiknya kalangan menengah ke bawah faktanya musik jenis ini terus berkembang dari waktu-waktu dan tidak bisa dikatakan sedikit penikmatnya fakta ini bisa kita lihat pada saat masa kampanye pemilihan umum di Indonesia baik Pilkada, Pemilu maupun Pilpres musik dangdut ini sangat ampuh untuk menarik masa dan mempromosikan wakil-wakil rakyat tersebut. nah berikut kami rangkumkan beberapa fakta-fakta mengenai musik dangdut yang mungkin anda belum pernah baca :

1. dangdut sangat identik dengan indonesia, walaupun demikian musik ini banyak mendapat pengaruh dari musik India atau hindustan, arab dan juga melayu. menurut catatan musik ini mulai populer sekitar tahun 1960 dan terus berevolusi sampai saat ini dimana silih berganti penyanyi dan pelantun lagu dangdut yang sangat tenar dijamannya, diantaranya adalah Ellya khadam yang populer dengan lagunya boneka india, Roma irama didekade 1970an dengan lagu-lagunya yang sangat populer mulai dari begadang, judi, gelandangan dan masih banyak yang lainnya yang sampai sekarang pun masih sering didendangkan dan dinyanyikan ulang menyesuaikan dengan zamannya, sampai didekade 1990an ada banyak nama yang muncul membawakan lagu-lagu dangdut mulai dari Elvi sukaesih, Iis dahlia, Evi tamala, Caca handikan, Jaja miharja sampai ke dekade 2000an yang cukup fenomenal bermunculan penyanyi-penyanyi dangdut, Uut Permatasari, Inul Daratista sampai Cita Citata. musik dangdut sangat populer dengan telinga orang indonesia musik dangdut juga sangat adaptif dengan perkembangan zaman, musik dangdut dengan cepat bisa melebur dengan musik jenis lain yang ada mulai dari musik pop, rock, keroncong, langgam jawa atau pun musik dan lirik lokal dari berbagai daerah di indonesia sampai musik barat.

Inul Daratista

2. Musik dangdut ternyata menarik perhatian masyarakat asing, hal ini terbukti dengan dilakukannya penelitian oleh seorang profesor yang berasal dari Amerika Serikat bernama Prof. Andrew Weintraub beliau mendokumentasikan penelitannya dengan menuangkan ke dalam sebuah buku dengan judul "Dangdut, Musik, Identitas, dan Budaya Indonesia" beliau mulai meneliti musik dangdut sejak tahun 1984an dan terus berlanjut hingga Prof. Andrew menjadi guru besar di Pittsburgh University, Amerika Serikat. Dalam bukunya tersebut Prof Andrew menuliskan bahwa musik dangdut mulai muncul di era 1950an yang terus berkembang sampai sekarang, dibukunya tersebut juga menyertakan hasil wawancaranya dengan beberapa pelantun dangdut seperti Elvi Sukaesih, Rhoma Irama dan juga Elia kadam. Dalam bukunya Prof Andrew juga mempertanyakan apakah dangdut merupakan musik nasional Indonesia soalnya musik jenis ini terkesan populer di wilayah Indonesia bagian barat (Jawa, Sumatera dan sekitarnya) karena di Indonesia bagian timur jenis musik ini tidak begitu digemari.

3. Fakta lain yang cukup menarik adalah disekitar tahun 2010 - 2015an muncul lagu-lagu dangdut yang cukup populer ditelingga masyarakat dan tak kalah populernya ditengah derasnya gempuran musik-musik jenis pop yang dinyanyikan oleh band-band dan penyanyi fres dan segar di masa sekarang, baik dari dalam negeri maupun dari negara luar yaitu K-pop yang menyerbu masuk Indonesia dengan masifnya. Begitu juga dengan ajang pencarian bakat yang merebak di berbagai setasiun tv nasional, tapi hal ini tak menghalangi musik dangdut untuk tetap populer dikalangan masyarakat Indonesia. Hal ini bisa kita lihat dari jumlah penonton di Youtube, faktanya dari 10 video klip musik lokal dengan jumlah penonton terbanyak dangdut menempati jumlah penonton terbanyak, hal ini ditorehkan oleh penyanyi dangdut pendatang baru yaitu Cita Citata. Menariknya dari 10 sepuluh video klip tersebut 4 diantaranya adalah video klip lagu dangdut dengan 1(satu) penyayi yang sama yaitu Cita Citata. Bila dilihat dari 10 besar video klip paling banyak ditonton di Youtube ini berarti hampir separoh penikmat musik indonesia sangat menyukai musik dangdut. Berikut adalah 10 lagu paling banyak ditonton di Youtube :

01. CITA CITATA – SAKITNYA TUH DI SINI (50.155.000 views)
02. GEISHA – LUMPUHKAN INGATANKU (38.948.288 views)
03. DADALI – DISAAT AKU MENCINTAIMU (36.673.690 views)
04. REVUBLIK – SANDIWARA CINTA (24.185.217 views)
05. CITA CITATA – GOYANG DUMANG (23.417.135 views)
06. ARMADA – HARGAI AKU (23.230.081 views)
07. CITA CITATA – PERAWAN ATAU JANDA (22.009.837 views)
08. CITA CITATA – AKU MAH APA ATUH (21.856.012 views)
09. FIRMAN – KEHILANGAN (18.592.127 views)
10. JUDIKA – AKU YANG TERSAKITI (15.746.400 views)


Sumber :
Hai Online
Trend
Wikipedia Indonesia
Kaskus

Share this

0 Comment to "Tauhkah anda lagu Indoneisa apa yag paling populer di youtube?, tak disangka ini juaranya"