Tuesday, 2 February 2016

Membanggakan. Bulu mata dari Purbalingga di pakai seleb dunia


Apa yang terlintas ketika pertama kali anda mendengar Kabupaten Purbalinga, logat ngapak seperti pelawak Parto patrio, mendoan atau rambut palsu? ya, ketiganya memang identik dengan dengan kota itu. Purbalingga adalah sebuah kabupaten di Jawa tengah bagian barat, Kabupaten Purbalingga berdekatan dengan beberapa kabupaten yang juga menggunakan dialek atau logat ngapak, diantaranya adalah Kabupaten Banyumas, Pemalang dan juga Brebes namun secara historis Purbalingga lebih dekat dengan Banyumas, Banjarnegara dan Cilacap dikarenakan dimasa lampau ke empat kabupaten ini merupakan gabungan dalam satu Karsidenan, yaitu karsidenan Banyumas. Diantara 4 kabupaten di atas Purbalingga memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh kabupaten-kabupaten lain disekitarnya, selain tempat kelahiran salah satu pahlawan terkenal Jenderal Sudirman Purbalingga juga merupakan penghasil kerajinan rambut yang sangat terkenal, bahkan mendunia diataranya rambut palsu dan bulu mata palsu. Di Purbalingga berdiri puluhan produsen kerajinan rambut mulai dari pabrik-pabrik besar milik PMA asing dan juga pengerajin-pengerajin lokal yang tentu saja hasil produksi mereka bukan saja laris  manis di Indonesia tapi juga sampai ke mancanegara dan dipakai oleh artis-artis Hollywood. Berikut beberapa ulasannya tentang rambut palsu dan bulu mata palsu dari Purbalingga.

Para pesohor seperti Olga Lidya, girlband gadis-gadis cantik Cheryybelle sampai ke pesohor dunia seperti Madonna, Katy Perry, Paris hilton, Angelina Jolie dalah beberapa pesohor lain yang menggunakan hasil kerajinan bulu mata dari Purbalingga. Salah satu Produsen bulu yang produknya dipakai oleh mereka adalah PT BWS (Brawling Wisnu Satriya produsen pembuat kerajinan rambut palsu ini berada di Desa Kalikabong Kecamatan kalimanah Purbalingga ini adalah satu perusahan pembuat kerajinan dari rambut yang berhasil menjejakan produknya di pasar global, negara-negara penerima produk mereka antara lain Amerika serikat, Inggris, Australia dan juga Nigeria perusahaan ini mampu memproduksi 100 sampai 300 ribu bulu mata per bulannya dengan jumlah karyawan mencapai 2000 orang.


Sebuah Perusahaan penjual alat kecantikan premium D'Eyeko juga menjual produk bulu mata yang dihasilkan dari perajin-perajin bulu mata Purbalingga. Hal ini dapat kita lihat apabila kita membuka website dari D'eyeko mereka memasarkannya dengan menggandeng banyak selebriti tanah air, dalam laman webnya juga disebutnya kalau produk mereka sudah digunakan oleh beberapa artis Hollywood papan atas sepert Katy perry. Mereka menjual bulu mata dengan berbagai bentuk dan variasi yang tentunya dengan harga bervariasi juga, mulai dari 50 ribu per pasang sampai ratusan ribu. Ini bisa dikatakan mahal bila dibandingan dengan harga bulu mata yang umum dipasaran yang dijual hanya dengan kisaran harga 10 ribu sampai 20 ribu.

Di Purbalingga ada ribuan jiwa yang menghidupi keluarga mereka dengan mata pencaharian sebagai pengerajin bulu mata, mereka bukan hanya warga Purbalingga saja tetapi juga warga dari daerah disekitarnya seperti Banyumas, Banjarnegara dan yang lainnya selain membuka lapangan kerja, kerajinan-kerajinan rambut ini juga meningkatkan perekenomonian masyarakat sekitar dan semoga kesejahteraan hidup bisa meningkat.

Itulah hasil produk tangan-tangan cekatan putra-putri bangsa, selain Purbalingga semoga dimasa mendatang muncul lagi produk-produk yang bisa bersaing baik didalam maupun luar negeri dan bisa menjadi kebanggaan kita bersama dan tentunya juga bisa menaikan daya saing perekonomian Indonesia. bukan hanya dari pengusaha-pengusaha yang sudah ada mungkin dari anda-anda para pembaca yang budiman.

Sumber : D'eyoko dw

Share this

0 Comment to "Membanggakan. Bulu mata dari Purbalingga di pakai seleb dunia"